YLKI Minta Kemenkes Audit Sistem Bumame Terkait Hasil Tes Covid-19 yang Keliru

February 6, 2022 by No Comments


JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) atau lembaga pemerintahan terkait mengaudit keandalan sistem di Bumame Farmasi.

Hal itu disampaikan Tulus terkait adanya masyarakat yang mendapat hasil tes Covid-19 yang keliru di Bumame Farmasi.

“Regulator Kemenkes mestinya melakulan audit terhadap keandalan sistem bumame. Kejadian Beberapa kali menunjukkan adanya persoalan sistemik,” kata Tulus kepada Kompas.com, Minggu (6/2/2022).

Baca juga: Aksi Protes Warga Belum Tes Covid-19 tapi Disebut Positif Bumame, Kini Diselidiki Polisi

Ia mengatakan masyarakat selaku konsumen dari Bumame Farmasi yang memperoleh hasil tes yang keliru tentunya sangat dirugikan.

Karena itu ia berharap ada sikap tegas dari pemerintah dalam menangani permasalahan yang kerap terjadi ini. Ia mengatakan jika tak ada langkah tegas dari pemerintah maka hal tersebut berpotensi menimpa konsumen lainnya.

“Ini tidak boleh dibiarkan, agar tak terulang dan merugikan konsumen lainnya;” lanjut Tulus.

Sebelumnya diberitakan seorang perempuan melakukan protes ke Bumame Farmasi setelah ia mendapatkan hasil swab PCR dengan hasil positif Covid-19. Untuk diketahui, aksi protes itu terjadi di Bumame SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (3/2/2022).

Kepada karyawan Bumame, perempuan itu mengaku belum melakukan swab PCR. Bagaimana mungkin ia bisa mendapatkan hasil positif Covid-19.

“Sekarang gini, kemarin saya bikin janji untuk tes PCR hari ini. Kenapa saya dikirimin hasil tes antigen. Sementara saya belum datang. Ini saya dikirimin, sementara saya belum ke sini. Hasil tes antigen, terus tadi pagi saya dikirimin hasil tes PCR. Sementara saya belum datang,” kata perempuan dalam video itu, melansir Tribun Jakarta. 

Baca juga: Perempuan Ini Belum Tes PCR tapi Terima Hasil Positif Covid-19, Bumame Farmasi Beri Klarifikasi

Dalam aksi protesnya perempuan itu juga menunjukkan dua lembar kertas hasil tes Covid-19 yang menunjukan hasil positif.

Cashback gede Result SGP 2020 – 2021. Promo terbaru lainnya tersedia diamati secara terstruktur via iklan yang kami tempatkan di laman tersebut, lalu juga siap ditanyakan pada petugas LiveChat pendukung kami yang tersedia 24 jam On the internet buat melayani seluruh maksud antara pemain. Ayo secepatnya gabung, & kenakan prize Undian & Live Casino Online tergede yang terdapat di situs kita.

Tags: