Tarif KRL Jabodetabek Diusulkan Naik Rp 2000 per 1 April

January 13, 2022 by No Comments


JAKARTA, KOMPAS.com – Tarif KRL Commuter Line Jabodetabek diusulkan naik dari Rp 3.000 menjadi Rp 5.000 per 1 April 2022. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengkaji usulan kenaikan tarif tersebut.

Kenaikan tarif sebesar Rp 2.000 itu adalah tarif dasar pada perjalanan 25 kilometer pertama. Sementara untuk 10 kilometer selanjutnya tetap dikenakan tambahan tarif sebesar Rp 1.000.

Jadi, perjalanan awal dengan KRL untuk 25 km pertama Rp 5.000, jika sampai 35 km maka jadi Rp 6.000, jika sampai 45 km jadi Rp 7.000 dan seterusnya.

Baca juga: Kebakaran Melanda Permukiman di Senen, Perjalanan KRL Terganggu

Kasubdit Penataan dan Pengembangan Jaringan, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Arif Anwar menjelaskan, usulan kenaikan tarif KRL itu sudah berdasarkan hasil survei kepada pengguna KRL.

“Ini dari hasil survei tadi dan masih ada tahap diskusi juga. Kami akan usulkan penyesuaian tarif kurang lebih Rp 2.000 pada 25 kilometer pertama,” ujar Arif dalam diskusi virtual, Rabu (12/1/2022).

Baca juga: Pencurian di KRL, Pelaku Gasak Laptop Penumpang lalu Turun di Stasiun Lenteng Agung

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada dua aspek yang diukur dalam survei Kemenhub, yakni kemampuan membayar (ability to payment) dan kesediaan pengguna untuk membayar (willingness to pay).

Menurut Arif, dari hasil survei yang dilakukan di lingkup Jabodetabek, rata-rata kemampuan membayar masyarakat untuk biaya penggunaan KRL sebesar Rp 8.486. Sementara kesediaan membayar masyarakat pada moda KRL sebesar Rp 4.625.

Baca juga: Mengenang Aksi Heroik Teknisi KRL yang Tewas Dalam Tragedi Bintaro 2

Adapun total responden pada survei tersebut sebanyak 6.841 orang, yang berasal dari semua lintas KRL seperti Bogor, Bekasi, Serpong, hingga Tanggerang.

Rinciannya, responden pria sebesar 51 persen atau 3.577 orang dan wanita sebesar 49 persen atau 3.364 orang. Sementara untuk komposisi responden, terdiri dari pekerja sebesar 53 persen, produktif lain (sektor informal) 23 persen, pengguna untuk wisata dan rekreasi 8 persen, dan sebesar 18 persen untuk keperluan lain.

(Penulis Yohana Artha Uly | Editor Erlangga Djumena)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Info hari ini Keluaran SGP 2020 – 2021. Bonus mingguan lain-lain muncul dipandang secara berkala melalui banner yg kita letakkan pada situs itu, dan juga bisa ditanyakan kepada operator LiveChat support kami yang ada 24 jam On the internet guna melayani semua maksud antara pengunjung. Mari buruan daftar, dan dapatkan diskon dan Kasino On the internet terbaik yg wujud di lokasi kita.