Rumah Oksigen Gotong Royong di Pulogadung Resmi Beroperasi, Bisa Tampung 500 Pasien Covid-19

August 4, 2021 by No Comments


JAKARTA, KOMPAS.com – Rumah Oksigen Gotong Royong (ROGR) di Pulogadung, Jakarta Timur, resmi beroperasi dengan daya tampung 500 pasien Covid-19.

Ketua Umum Kadar Dagang Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, ROGR bisa dimanfaatkan warga negara Indonesia (WNI) yang berstatus positif Covid-19 dengan gejala ringan.

“Dengan saturasi di atas atau sama dengan 90 persen, serta tidak memiliki komorbid atau memiliki komorbid terkontrol,” kata Arsjad dalam keterangannya, Rabu (4/8/2021).

Baca juga: Wagub DKI Minta Pasien Covid-19 yang Isoman di Rumah Pindah ke Tempat Isolasi Terkendali

ROGR memiliki kapasitas sekitar 500 tempat tidur, tersebar dalam empat unit perawatan dengan oksigen yang mengalir langsung dari Pabrik PT Aneka Gas Industri lewat pipanisasi sebanyak 350-400 liter/jam.

Operasional ROGR akan dikelola oleh tenaga kesehatan berpengalaman dari RSDC Wisma Atlet yang merupakan kolaborasi dari TNI, POLRI, IDI dan relawan Kemenkes RI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasien yang dirawat di ROGR tidak akan dikenakan biaya alias gratis dan akan mendapat makan tiga kali sehari.

Baca juga: Wagub DKI: 30 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Saat Isolasi Mandiri

Bagi yang ingin dirawat di ROGR, calon pasien harus membawa rujukan dari puskesmas, rumah sakit, atau RSDC Wisma Atlet. Opsi kedua, mendaftar melalui aplikasi Halodoc.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah meninjau Rumah Oksigen Gotong Royong, Sabtu (24/7/2021) lalu.

Jokowi mengatakan, proses penyiapan fasilitas kesehatan tersebut akan rampung pada awal Agustus.

“Nanti akan selesai minggu depan dan akan rampung 100 persen nanti mungkin di awal Agustus yang bisa menampung kurang lebih 500 pasien, ada 500 tempat tidur di sini,” kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (24/7/2021).

Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan hasil kerja sama antara Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, perusahaan teknologi GoTo, PT Aneka Gas Industri (Samator Group), dengan dukungan dari PT Master Steel, Tripatra Engineering, serta Halodoc.

Undian spesial Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Permainan paus lain-lain tampak dilihat dengan berkala via notifikasi yang kita sisipkan dalam laman ini, serta juga dapat ditanyakan terhadap petugas LiveChat support kita yang ada 24 jam Online untuk mengservis seluruh maksud para pengunjung. Mari secepatnya join, & ambil prize Undian serta Kasino Online tergede yg wujud di website kita.