Puluhan Pedagang di Trotoar dan Pembuang Sampah Sembarangan Jalani Sidang Tipiring, Pilih Denda Rp 150.000

March 11, 2022 by No Comments


JAKARTA, KOMPAS.com – Puluhan pelanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum mengikuti sidang tindak pidana ringan (tipiring) di Aula Lantai Dasar Gedung Blok D Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Cakung, Jumat (11/3/2022).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Timur Budhy Novian mengatakan, ada 44 pelanggar yang mengikuti sidang tipiring itu.

Baca juga: Upaya Banding Anies soal Kali Mampang, Berawal dari Alasan yang Berubah-ubah Kemudian Dicabut…

Mereka kebanyakan penjual yang berdagang di trotoar.

“Dilakukan persidangan karena melanggar aturan Perda Ketertiban Umum, di antaranya pelanggaran membuang sampah sembarangan dan lebih mendominasi penyalahgunaan fungsi trotoar untuk berdagang,” kata Budhy, Jumat ini.

Budhy mengatakan, ini kali pertama sidang tipiring digelar di Kantor Wali Kota Jakarta Timur. Sebelumnya, sidang dilaksanakan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur.

Baca juga: PN Tangerang Cek Perumahan di Tangsel yang Sertifikatnya Digadai Sepihak oleh Pengembang

Dalam persidangan tersebut, para pelanggar perda lebih memilih membayar denda sebesar Rp 150.000 dan biaya perkara sebesar Rp 5.000, dibandingkan harus menjalani hukuman tujuh hari penjara.

“Kami akan jadwalkan sebulan satu kali untuk melakukan penegakan,” ujar Budhy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Prediksi hari ini Keluaran SGP 2020 – 2021. Game spesial lain-lain tampak dilihat dengan terpola lewat kabar yg kita sampaikan pada web ini, dan juga bisa dichat terhadap layanan LiveChat pendukung kami yg tersedia 24 jam Online untuk melayani semua kebutuhan para pengunjung. Yuk langsung gabung, serta kenakan cashback Undian & Kasino On the internet terbesar yang wujud di laman kami.

Tags: