Positif Covid-19, Wawalkot Depok: Kalau Saya Belum Divaksin, Mungkin Akan Lebih Parah

February 1, 2021 by No Comments

DEPOK, KOMPAS.com – Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna saat ini masih dirawat di RSUD Kota Depok setelah dia terkonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu (30/1/2021).

Dari balik kamar isolasi, Pradi berpesan agar warga Depok tidak takut divaksinasi Covid-19.

“Untuk saudaraku, tetap jangan takut untuk divaksin. Saya tidak tahu, kalau saya belum sempat divaksin, mungkin akibatnya akan lebih parah lagi,” ungkap Pradi melalui keterangan video, Senin (1/2/2021).

Meskipun dalam kondisi yang dilaporkan stabil, Pradi yang merupakan penerima pertama vaksinasi Covid-19 di Depok itu juga disebut mengalami demam, flu, dan batuk.

Baca juga: Wakil Wali Kota Depok Positif Covid-19 Usai Divaksinasi, Satgas: Tak Ada Kaitan dengan Vaksin

Gejala-gejala itu muncul sebelum jadwal vaksinasi Covid-19 kedua yang sedianya dilangsungkan pada Kamis (28/1/2021) lalu, 2 pekan sejak vaksinasi pertama.

Lantaran mengalami gejala-gejala itu, Pradi tidak menjalani vaksinasi kedua. Esoknya ia melakukan tes PCR dan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu.

“Setelah seperti ini (terpapar Covid-19), baru kita tahu, begini ternyata. Sangat tidak nyaman,” kata Pradi yang suaranya terdengar seperti letih dan napasnya agak tersengal.

“Padahal, untuk protokol kesehatan, saya sudah sangat luar biasa menjalankan protapnya,” ia menambahkan.

Positif Covid-19 bukan karena efek vaksinasi

Sebagian pihak mengaitkan kejadian ini dengan fakta bahwa Pradi merupakan orang pertama di Depok yang menerima vaksinasi CoronaVac buatan Sinovac Biotech pada 14 Januari 2021.

Namun, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok memastikan, tak ada kaitan antara infeksi virus SARS-CoV-2 yang diderita Pradi dengan efek vaksinasi.