Polisi Keliru Identifikasi Tersangka Pengeroyokan Ade Armando, Ini Kata IPW…

April 13, 2022 by No Comments


JAKARTA, KOMPAS.com – Polda Metro Jaya sempat keliru mengidentifikasi pelaku pengeroyokan pegiat media sosial sekaligus dosen Universitas Indonesia Ade Armando, yang dikeroyok massa saat berlangsungnya demonstrasi di depan gedung DPR, Senin (11/4/2022).

Mulanya, Polda Metro Jaya membenarkan seorang pria bernama Try Setia Budi Purwanto (26) asal Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, sebagai pelaku pengeroyokan Ade Armando .

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kini menegaskan Budi bukan lah pelaku pengeroyokan. Sebab, Budi sedang berada di Way Kanan, Lampung, saat Ade Armando dikeroyok di depan Gedung DPR dalam aksi demonstrasi yang berujung kericuhan pada 11 april lalu.

Baca juga: Ralat Keterangan, Polda Metro Pastikan Warga Lampung Try Setia Budi Bukan Pengeroyok Ade Armando

 

“Yang di Lampung itu bukan orang yang kita sampaikan identifikasinya. Tadi pagi juga sudah saya luruskan di Way Kanan itu ya,” kata Zulpan, Rabu (13/4/2022), dilansir dari Tribun Jakarta.

Menanggapi kekeliruan dalam mengidentifikasi pelaku, Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso, mengatakan apa yang dilakukan polisi sedianya merupakan suatu teknik diseminasi informasi publik tanpa menetapkan status tersangka.

Namun, dalam hal ini, polisi terbukti keliru saat mengidentifikasi pelaku dan sudah terlanjur menyampaikannya kepada publik. Karena itu, ketika menghadapi situasi ini, polisi harus cepat menyediakan ruang klarifikasi untuk memperbaiki kekeliruannya.

Ia pun berharap ke depannya polisi lebih teliti lagi dalam melakukan identifikasi pelaku kejahatan.

“Dalam hal kasus Try ini, telah dilakukan klarifikasi, dan (polisi) menurut saya tak dapat digugat,” kata Sugeng.

Baca juga: Polda Metro Tetapkan 6 Tersangka Pengeroyok Ade Armando, Tak Ada Nama Try Setia Budi Warga Lampung

“Dan dalam KUHAP dan peraturan pelaksanaannya, tindakan polisi yang dapat digugat ganti rugi adalah terkait peenetapan tersangka, penahanan dan penahanan yang dinilai melawan hukum,” lanjut dia.

Sebelumnya, foto Try Setia Budi Purwanto beserta identitas lengkapnya sudah terlanjur tersebar di media sosial sebagai pelaku pengeroyokan Ade Armando.

Promo oke punya Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Bonus terbaik lainnya tampil dilihat secara terencana melewati iklan yang kita lampirkan dalam website itu, dan juga bisa dichat kepada layanan LiveChat pendukung kami yang siaga 24 jam On-line untuk mengservis semua kebutuhan para tamu. Lanjut cepetan join, dan menangkan diskon serta Kasino On the internet tergede yang tampil di website kami.