Pemprov DKI Diminta Prioritaskan Penanganan Banjir Jakarta

November 6, 2021 by No Comments


JAKARTA, KOMPAS.com – DPRD DKI Jakarta meminta penanganan banjir jadi prioritas dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) DKI Jakarta tahun anggaran 2022.

“Karena penanganan banjir di Jakarta saat ini belum terlihat menjadi prioritas,” kata Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah, dalam keterangan tertulis DPRD DKI yang diterima di Jakarta, Sabtu (6/11/2021), seperti dikutip Antara.

Menurut Ida, kegiatan prioritas penanganan banjir yang menjadi prioritas, wajib masuk dalam anggaran di seluruh Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) di Jakarta, apakah sebagai program kegiatan baru atau melanjutkan program kegiatan tahun sebelumnya.

“Kegiatan prioritas itu harus dieksekusi pada tahun 2022,” katanya.

Baca juga: Wagub DKI Ingatkan Warga Waspada Cuaca Ekstrem Berpotensi Banjir

Ida mencontohkan, di Jakarta Utara ada kesiapan Waduk Blibis yang tidak besar. Sudah ada pembangunan tapi baru sebagian.

“Dampaknya, sebelumnya terjadi banjir sampai sepinggul, tapi sekarang sudah di bawah pinggul,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam Rancangan KUA-PPAS tahun anggaran 2022, usulan anggaran penanganan banjir untuk Sudin SDA di lima kota adminstrasi dan satu kabupaten, sebesar Rp 1,17 triliun.

Rinciannya adalah Jakarta Pusat Rp 199,67 miliar, Jakarta Utara Rp 188,87 miliar, Jakarta Barat Rp 229,13 miliar, Jakarta Selatan Rp 175,56 miliar, Jakarta Timur Rp 239,91 miliar, dan Kabupaten Kepulauan Seribu Rp 137,40 miliar.

Baca juga: Banjir Jakarta dan Target 6 Jam Surut dengan Syarat…

Komisi D DPRD mengingatkan agar seluruh Sudin SDA menginventarisasi wilayah yang menjadi prioritas untuk penanggulangan banjir secara berkala.

“Jadi, semua harus diprioritaskan pada anggaran 2022, agar di wilayah sekitar yang sering banjir, tidak banjir lagi,” ucap Ida.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Yusmada Faizal, memastikan, koordinasi antarwilayah dalam pengendalian banjir akan terus terjaga.

“Sudah menjadi prioritas kami untuk mengatasi banjir di lokasi yang sering banjir. Kita terus pastikan tidak separah tahun-tahun sebelumnya,” tutur Yusmada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

oke punya Keluaran SGP 2020 – 2021. Promo terbesar lain-lain ada dipandang secara terencana lewat informasi yg kita sisipkan di web ini, serta juga dapat dichat pada petugas LiveChat support kita yang siaga 24 jam On-line buat meladeni seluruh kepentingan para visitor. Yuk langsung join, dan kenakan promo Lotre & Live Casino On the internet terbesar yang ada di situs kami.

Tags: