Pedagang Duga Pembeli Luar Jakarta Masih Takut Berbelanja di Tanah Abang

April 16, 2022 by No Comments


JAKARTA, KOMPAS.com – Aktivitas jual dan beli di kawasan perbelanjaan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, sudah mulai diramaikan pengunjung pada Sabtu (16/4/2022).

Keramaian ini diakui beberapa pedagang telah terjadi sejak sepekan menjelang ramadhan atau pun baru-baru ini saja.

Kendati mensyukuri peningkatan aktivitas jual beli di pusat perbelanjaan yang biasa menjadi incaran belanja menjelang hari raya Idul Fitri atau lebaran. Sejumlah pedagang mengaku peningkatan penjualan belum terjadi secara signifikan.

“Hari ini ramai, dibandingkan sebelum puasa jauh bedanya, tapi belum ramai-ramai banget,” kata Nazareth (39) pedagang gamis kaki lima di Pasar Tanah Abang, Sabtu (16/4/2022).

Baca juga: Tarik Pembeli Usai 2 Tahun Sepi, Pedagang Tanah Abang: Jelang Lebaran, Makin Murah

Nazareth menduga hal ini lantaran banyak pembeli dari luar Jakarta yang belum berani berbelanja langsung ke Tanah Abang.

“Pelanggan saya rata-rata orang daerah luar Jakarta yang berbelanja untuk dijual kembali,” kata Nazareth saat ditemui di lapaknya.

“Sementara mereka tahunya, di sini itu masih zona merah, jadi mereka takut untuk ke sini. Selain karena takut, mereka juga malas karena mereka tahunya banyak aturan kalau mau berbelanja di sini,” lanjut Nazareth.

Baca juga: Lalin Padat di Tanah Abang Jelang Lebaran, Warga: Sebelum Puasa Macetnya Akhir Pekan Aja…

Nazareth berharap lebih banyak masyarakat yang tahu bahwa berbelanja di Pasar Tanah Abang sudah cukup aman. Ia pun berharap, masyarakat mau lebih berani untuk bermobilisasi termasuk berbelanja.

Sementara itu, Edy (50), pedagang celana perempuan di Central Tanah Abang, mengatakan momen menjelang lebaran tahun ini tidak lebih banyak memiliki pelanggan dibandingkan tahun kemarin.

“Saya lebih gede tahun lalu, bisa sampai 75 persen bedanya. Misalnya tahun lalu saya bisa jual 40.000 potong baju, sekarang cuma 16.000 potong baju,” kata Edy mengawali cerita di lapaknya.

Edy menduga hal ini dikarenakan banyak pelanggannya yangengaku menerima bantuan sosial tunai dari pemerintah. Sehingga, lebih banyak warga yang menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan sandang di tokonya.

Cashback gede Data SGP 2020 – 2021. Bonus terbaru lain-lain ada diperhatikan secara terstruktur melalui notifikasi yang kami tempatkan dalam website ini, lalu juga siap dichat terhadap teknisi LiveChat pendukung kita yg siaga 24 jam On-line buat melayani semua maksud antara tamu. Yuk buruan join, serta ambil promo Lotere serta Kasino On the internet terbaik yang terdapat di situs kita.

Tags: