Orang Biasa Beli 1 Kilogram Sekarang Setengah

March 4, 2022 by No Comments


JAKARTA, KOMPAS.com – Dampak kenaikan harga daging ayam dalam sepekan terakhir turut dirasakan pedagang di Pasar Kramat jati, Jakarta Timur.

Salah satu pedagang daging ayam, Tri (42) mengatakan, daya beli masyarakat menurun karena kenaikan harga juga terjadi pada sejumlah bahan pangan lainnya seperti minyak goreng, tempe, tahu, daging sapi, hingga cabai.

“Orang biasa beli satu kilogram, jadi setengah kilogram. Apalagi sekarang apa-apa mahal, pelanggan rata-rata pada maklum,” ujar Tri, saat ditemui, Jumat (4/3/2022).

Baca juga: Harga Daging Ayam di Pasar Kramatjati Juga Mulai Naik, Kini Rp 38.000 Per Ekor

Tri mengatakan, harga daging ayam naik sekitar Rp 3.000 per ekor atau kilogram dalam sepekan terakhir.

“Kalau per ekor biasa Rp 35.000, sekarang Rp 38.000. Per kilogramnya sama, naik Rp 3.000, per kilogram jadi Rp 38.000 juga. Bedanya tergantung permintaan,” kata Tri.

Menurut Tri, kenaikan harga lumrah terjadi menjelang bulan puasa. “Biasanya menjelang puasa itu naik, ini bisa lebih tinggi lagi nanti,” ucap Tri.

Selain daging ayam, harga daging sapi di Pasar Kramat Jati juga naik. Pedagang daging sapi telah kembali berjualan pada Kamis (3/3/2022).

Sebelumnya, pedagang melakukan aksi mogok berjualan sejak Senin (28/2/2022).

“Dari kemarin sudah mulai ada yang dagang. Untuk demo sudah selesai, kami masih menunggu hasilnya,” kata Andri (41), salah satu pedagang daging sapi.

Baca juga: Info Pangan Jakarta: Harga Cabai Rawit, Bawang Merah, dan Daging Ayam Naik

Sebelum aksi mogok, harga daging sapi lokal di Pasar Kramat Jati mencapai Rp 130.000 per kilogram. Kini harganya menjadi Rp 140.000 per kilogram.

Sementara untuk harga daging sapi impor naik dari Rp 120.000 menjadi Rp 130.000 per kilogram. Kenaikan harga dimulai dari tempat pemotongan hewan.

“Inginnya pedagang harga turun hari ini masih begini aja. Bahkan ada kenaikan, kenaikannya di daging sapi lokal sama impor setelah demo,” ujar Andri. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Diskon mingguan Keluaran SGP 2020 – 2021. Game spesial yang lain hadir dilihat dengan terstruktur melewati poster yang kita letakkan dalam situs itu, lalu juga bisa dichat terhadap petugas LiveChat pendukung kita yg menjaga 24 jam On the internet dapat melayani seluruh maksud para player. Mari langsung daftar, dan dapatkan diskon Toto serta Kasino On-line terhebat yang tampil di situs kami.

Tags: