Masjid Istiqlal Sediakan Parkir untuk Jemaah Gereja Katedral Selama Tri Hari Suci Paskah

April 1, 2021 by No Comments


JAKARTA, KOMPAS.com – Masjid Istiqlal menyediakan tempat parkir kendaraan bagi jemaah Gereja Katedral yang hendak melaksanakan ibadah Tri Hari Suci Paskah.

Kapolsek Sawah Besar AKP Maulana Mukarom mengatakan, jemaah yang membawa kendaraan roda empat bisa masuk ke parkiran Masjid Istiqlal melalui gerbang depan SMPN 4 Jakarta di Jalan Perwira.

Setelah memarkirkan kendaraan di basement, jemaah selanjutnya dapat keluar melalui pintu Al Fattah, yang letaknya berseberangan dengan pintu masuk Katedral.

Baca juga: Begini Pengamanan Gereja Katedral Jakpus Pasca-rangkaian Teror Bom

“Masuk Istiqlal dulu di depan pintu SMP 4, kemudian parkir di basement Istiqlal baru keluar dari Pintu Al Fattah, kemudian masuk ke Pintu IV Katedral,” kata Maulana seperti dilansir Antara, Kamis (1/4/2021).

Selama ini, Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral memang kerap berbagi parkiran apabila ada perayaan hari besar yang mendatangkan banyak umat. Bahkan, sudah dibangun terowongan silaturahmi agar umat tak perlu lagi menyeberang jalan setelah memarkirkan kendaraannya.

Namun, terowongan silaturahmi Istiqlal-Katedral itu saat ini masih dalam tahap konstruksi. Jalan utama menuju Katedral dari arah Gambir maupun arah Lapangan Banteng pun ditutup karena konstruksi masih berlangsung.

Baca juga: Aparat Jamin Keamanan, Gereja Katedral Minta Umat Beribadah Tri Hari Suci dengan Tenang

Oleh karena itu, Maulana mengimbau agar umat yang melakukan ibadah baik Kamis Putih, Jumat Agung hingga Paskah, dapat memperhatikan lalu lintas menuju Katedral.

Selain itu, Katedral juga menerapkan pembatasan ibadah tatap muka. Umat yang hadir di gereja dipastikan telah mendaftar secara daring (online) dan memiliki “barcode” akses masuk.

“Skema peserta ibadah Katedral semua melalui pendaftaran daring. Ada registrasi ‘screening barcode’. Apabila tidak ada barcode, tidak boleh masuk,” kata Maulana.

Sejauh ini, sebanyak 300 umat telah mendaftarkan diri untuk mengikuti ibadah tatap muka. Umat juga dapat mengikuti ibadah Misa Paskah melalui dua siaran langsung TV, yakni Kompas TV dan TVRI, serta kanal Youtube Komsos Katedram Jakarta dan Hidup TV.

Cashback spesial Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Cashback terbaik lainnya ada diamati dengan terjadwal melalui kabar yang kami umumkan dalam situs ini, serta juga siap ditanyakan pada layanan LiveChat pendukung kami yang ada 24 jam On-line guna meladeni seluruh kepentingan antara bettor. Yuk buruan sign-up, dan ambil bonus serta Live Casino Online terbesar yang nyata di lokasi kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *