Kalau Sertifikasi CHSE Gratis Tanpa biaya, Kami Tak Masalah

September 28, 2021 by No Comments


JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah menyebut pihaknya tidak berkeberatan jika pemerintah memberlakukan kewajiban sertifikasi cleanliness, health, safety, and environmental sustainability (CHSE).

Hal ini mengacu pada rencana sertifikasi mandiri CHSE yang akan bertaut dengan sistem perizinan online single submission (OSS) bagi industri pariwisata, termasuk bagi pelaku usaha restoran.

“Kalau sertifikasi CHSE gratis, tanpa biaya, kami tidak masalah,” ungkap Budihardjo saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: PHRI Jakarta Anggap Penerapan CHSE Hanya Gimmick

Sejauh ini pemerintah telah menggratiskan proses sertifikasi CHSE. Adapun sertifikat CHSE berlaku selama satu tahun, setelah itu pelaku usaha harus memperpanjang sertifikasi tersebut.

Budihardjo berharap sertifikasi CHSE tanpa pungutan biaya seterusnya atau paling tidak berlaku untuk tiga tahun ke depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami minta gratis setidaknya tiga tahun ke depan, jika nantinya sertifikasi CHSE harus berbayar,” kata dia.

Baca juga: Agar Pariwisata Aman, Kemenparekraf Siapkan Pedoman CHSE

Lebih lanjut, Budiharjo berharap agar pemerintah dapat membantu para pelaku usaha khususnya di bidang makanan dan minuman.

“Lagi Covid-19, mohon dibantu para pelaku, khususnya di bidang food and beverages,” tutul Budihardjo.

Di sisi lain, Ketua Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (BPD PHRI) DKI Jakarta, Sutrisno Iwantono, mengaku keberatan dengan rencana tersebut.

Menurut dia, meski sertifikasi CHSE gratis, pengelola hotel dan restoran tetap harus mengeluarkan modal untuk memenuhi beragam persyaratan guna lolos sertifikasi CHSE tersebut.

Prize harian Result SGP 2020 – 2021. Prize paus lainnya tampil dilihat dengan terjadwal lewat info yang kami umumkan di web itu, lalu juga siap dichat kepada layanan LiveChat pendukung kami yang menunggu 24 jam Online guna melayani semua maksud antara visitor. Ayo buruan daftar, dan ambil prize Toto & Kasino On-line terbesar yg nyata di laman kita.

Tags: