Dari Total Pergerakan Penumpang Pesawat di Indonesia, 49 Persen Terjadi di Bandara Naungan AP II


TANGERANG, KOMPAS.com – Jumlah pergerakan penumpang pesawat naungan Angkasa Pura (AP) II, pada Minggu (8/5/2022) ini, setara dengan 48-49 persen dari total pergerakan penumpang pesawat di seluruh bandara di Indonesia.

President Director of Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin berujar, persentase pergerakan penumpang di bandara naungannya memang tergolong tinggi.

Sebab, AP II menaungi bandara terbesar di Indonesia, yakni Bandara Soekarno-Hatta di Kota Tangerang.

Baca juga: Puncak Arus Balik, 210.000 Pergerakan Penumpang Terjadi di 20 Bandara Naungan AP II

“(Sebanyakl 20 bandara (naungan) AP II itu mengambil porsi yang hampir separuhnya dari seluruh pergerakan pesawat termasuk penumpang di Indonesia,” papar Awaluddin, ditemui di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (8/5/2022).

“Karena apa? Kita memang punya bandara terbesar di Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta yang menjadi bandara jangkar airport kita,” sambung dia.

Awaluddin menuturkan, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada hari Minggu ini mencapai 150.472 penumpang.

Sementara itu, total pergerakan penumpang di 20 bandara naungan AP II mencapai 210.000 penumpang hari ini.

“Artinya itu (210.00 pergerakan penumpang di 20 bandara naungan AP II), sudah dapat kita simpulkan, setara dengan 48-49 persen dari total pergerakan penumpang yang ada di sektor transportasi udara di Indonesia pada hari ini,” urai dia.

Baca juga: Bus Pemudik Kecelakaan di Tol Japek karena Sopir Mengantuk, 9 Orang Terluka

Awaluddin menambahkan bahwa jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara naungan AP II pada hari ini setara dengan 80-90 persen jumlah pergerakan penumpang sebelum pandemi Covid-19.

“Kita doakan sektor transportasi udara ini bisa terus berkembang,” sebut Awaluddin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Cashback terbaru Data SGP 2020 – 2021. Prediksi mantap yang lain-lain ada dipandang dengan terstruktur via notifikasi yg kami sisipkan di website ini, serta juga siap ditanyakan kepada operator LiveChat support kami yang menunggu 24 jam On-line untuk mengservis semua keperluan para bettor. Yuk secepatnya daftar, dan ambil diskon Lotto dan Live Casino Online terbaik yg terdapat di website kita.

Tags: