Cerita T Care Tampung Donasi 20 Ton Minyak Jelanta, Hasilnya Dikembalikan ke Warga

October 9, 2021 by No Comments


JAKARTA, KOMPAS.com – Lembaga nonprofit di Jakarta Timur, Tunasmuda Care atau T Care menampung sekitar 200 ton donasi minyak jelantah dari warga sejak Maret 2020 hingga saat ini, guna mengurangi pencemaran lingkungan.

“Per bulan kami mengumpulkan sekitar 20 ton,” kata Ketua Yayasan T Care Hendera Piliang di Jakarta, Jumat (8/10/2021), seperti dikutip Antara.

Setiap hari, lanjut dia, yayasan ini menjemput ke permukiman warga untuk mengambil donasi minyak bekas tersebut setelah ditampung terlebih dahulu melalui RT/RW.

Baca juga: Wagub Tegaskan Pemprov DKI Tak Pernah Larang Warga Gunakan Air Tanah

“Mereka itu awalnya membuang, kemudian kami edukasi, damping akhirnya ada kelompok masyarakat terlibat menjadi gerakan jelantah membawa berkah,” katanya.

Hasil dari pengumpulan minyak jelantah dari rumah tangga itu, kata dia, disalurkan lagi kepada pihak ketiga yang mengekspor hingga ke Jerman.

Hendra menambahkan hasil dari ekspor tersebut dikembalikan kepada warga dalam bentuk bantuan sosial, pendidikan bagi 20 rumah belajar anak yatim piatu serta pemberdayaan masyarakat di kawasan yang warganya menyumbangkan minyak jelantah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, lanjut dia, juga ada pelatihan pembuatan sabun dari jelantah, hingga pemasaran usaha secara digital bagi masyarakat.

Saat ini, T Care menggandeng salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta melakukan penelitian mulai dari keamanan hingga nilai ekonomi dari pemanfaatan minyak jelantah yang dapat diolah menjadi sabun, lilin hingga pupuk.

Baca juga: UPDATE 9 Oktober: Jakarta Tambah 100 Kasus, 2 Pasien Covid-19 Meninggal

Meski begitu saat ini olahan minyak jelantah belum diproduksi massal karena masih tahap penelitian yang rencananya selesai pada Desember 2021.

“Kalau di luar negeri itu minyak jelantah sudah digunakan untuk sabun bahkan kosmetik,” ucapnya.

Sebagai gambaran, komoditas lemak dan minyak hewan/nabati diminati pasar ekspor.

BPS DKI Jakarta mencatat ekspor komoditas itu dari DKI Jakarta pada Agustus 2021 mencapai 77,4 juta dolar AS atau naik 154,8 persen dibandingkan periode sama 2020 mencapai 30,4 juta dolar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Info terbesar Result SGP 2020 – 2021. Undian hari ini lain-lain ada dipandang dengan berkala lewat status yg kita umumkan di web itu, lalu juga bisa dichat kepada layanan LiveChat support kita yg menjaga 24 jam On-line dapat mengservis semua keperluan para player. Yuk secepatnya gabung, dan menangkan hadiah serta Live Casino Online terbaik yg nyata di website kami.