Banjir di Kampung Babakan Pocis Tangsel Surut, Pengungsi Kembali ke Rumah

October 31, 2021 by No Comments


TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com – Banjir yang merendam dua wilayah RT di Kampung Babakan Pocis, Bakti Jaya, Setu, Tangerang Selatan, telah surut. Warga yang terdampak mulai kembali ke rumah masing-masing.

Kepala Seksi Mitigasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangerang Selatan, Essa Nugraha mengatakan, banjir setinggi 40-60 sentimeter itu dengan cepat surut setelah air disedot menggunakan mesin pompa.

“Sudah surut. Berkat pak Wali Kota, Damkar turun bawa mobil pompa pemadam, airnya disedot,” ujar Essa, kepada Kompas.com, Minggu (31/10/2021) malam.

Baca juga: Banjir Rendam 2 RT di Kampung Babak Pocis Tangsel, Ketinggian Air Capai 60 Sentimeter

Saat ini, kata Essa, sebanyak 31 keluarga terdampak banjir yang mengungsi di posko sementara sudah kembali ke rumah masing-masing.

Essa menyebutkan, warga tersebut mulai membersihkan rumah dan barang-barang dari lumpur yang terbawa air ketika banjir terjadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sudah balik ke rumahnya, langsung berbenah. Peralatan kebersihan yang didistribusikan BPBD langsung dipakai. Makan dan minum juga sudah terpenuhi,” pungkasnya.

Diketahui, dua RT di kawasan Kampung Babakan Pocis, terendam banjir setinggi 40-60 sentimeter, sejak Minggu (31/10/2021) siang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tangerang Selatan Urip Supriyatna menyampaikan, banjir tersebut terjadi akibat hujan deras.

Selain itu, banjir disebabkan oleh masalah drainase yang tidak berfungsi dengan baik sehingga air meluap ke pemukiman warga.

“Hujan dengan intensitas tinggi, kemudian masalah drainase di sekitar perumahan warga,” ujar Urip dalam keterangannya, Minggu.

Baca juga: BPBD Kota Bekasi Siagakan Personel di Titik Rawan Banjir

Menurut Urip, air mulai merendam dua RT Kampung Babakan Pocis pukul 14.30 WIB dengan ketinggian 60 sentimeter.

Sedikitnya, ada 31 keluarga di kawasan perkampungan tersebut yang terdampak banjir akibat hujan deras dan masalah drainase tersebut.

“RT 01 RW 01 itu 24 KK (kepala keluarga) dan RT 06 RW 01 sebanyak 7 KK,” kata Urip.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Undian harian Data SGP 2020 – 2021. Bonus paus lain-lain muncul diperhatikan secara berkala melewati info yang kita letakkan di website ini, serta juga bisa dichat kepada layanan LiveChat pendukung kami yang tersedia 24 jam On-line buat mengservis seluruh kepentingan para pemain. Yuk segera gabung, dan dapatkan Toto serta Kasino On-line tergede yang nyata di tempat kami.

Tags: ,