Antisipasi Banjir, Kolam Retensi di Sukapura Dibangun

January 30, 2021 by No Comments

JAKARTA, KOMPAS.com – Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara sedang melakukan pembangunan kolam retensi yang berfungsi sebagai tempat penampungan air sementara.

Pembangunan ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir di Jalan Komplek PT Komatsu Indonesia RW 03 Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing.

Lurah Sukapura, Abdul Rahman Hakim mengatakan, jalan tersebut merupakan lokasi yang kerap banjir.

“Jalan Komplek PT Komatsu Indonesia sebagai akses utama menuju pergudangan yang tergolong rawan terjadinya genangan air saat musim penghujan,” kata Abdul dalam keterangannya, Sabtu (30/1/2021).

Kolam retensi tersebut memiliki luas 30 meter × 13 meter dengan kedalaman mencapai 5 meter.

Proses pembangunan kolam retensi ini rencananya akan rampung dalam waktu 45 hari.

Baca juga: Cara Pemprov DKI Jakarta Antisipasi Penularan Covid-19 Kala Banjir Melanda

Abdul menambahkan, kolam retensi menjadi salah satu solusi untuk mengantisipasi genangan air saat terjadi hujan.

“Apalagi saat ini cuaca sedang tidak menentu dikhawatirkan akan terjadi hujan deras yang mengakibatkan genangan air di sejumlah lokasi. Semoga pembangunannya lancar dan bisa rampung sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” ujar Abdul.

Sudin SDA Jakarta Utara memang sedang membangun banyak penampungan air untuk mencegah bencana banjir yang kerap terjadi setiap tahunnya.

Berkaca dari pengalaman bencana banjir di awal tahun 2020 lalu, Sudin SDA Jakarta Utara sudah melakukan pembenahan terhadap sistem aliran air di beberapa wilayah.

Di antaranya Waduk Belibis di Semper Barat, Waduk Rawa Malang di Semper Timur dan saluran retensi atau long storage di Jalan Babek TNI, RW 10 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing dan lainnya.