Angkasa Pura II Klaim Belum Ada Kenaikan Penumpang di Soekarno-Hatta Saat Arus Balik Lebaran


TANGERANG, KOMPAS.com – PT Angkasa Pura II mengeklaim belum ada kenaikan tren volume penumpang pesawat terbang di Bandara Soekarno-Hatta seiring dengan arus balik mudik Lebaran 2021.

“Sampai saat ini masih seperti hari-hari sebelumnya, sejak 6 Mei (saat awal masa larangan mudik Lebaran 2021),” ujar VP Corporate Communication Angkasa Pura II, Yado Yarismano kepada Kompas.com, Minggu (16/5/2021).

Range-nya di sekitar 5.000-10.000 penumpang per harinya, di bandara Soekarno-Hatta,” imbuhnya.

Baca juga: Arus Balik Lebaran, Wakil Ketua DPRD DKI: Jangan Sampai yang Mudik Rugikan Warga yang Menetap

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa puncak arus balik mudik Lebaran 2021 diprediksi akan terjadi pada tanggal 16 Mei dan 20 Mei 2021.

“Kita memang memproyeksikan, kemungkinan arus balik terjadi pada 16 dan 20 Mei 2021. Karena itu kita imbau masyarakat jangan pulang di titik tanggal itu karena akan penuh,” katanya dalam konferensi pers virtual BNPB, Sabtu (15/5/2021).

Khusus arus balik menggunakan pesawat terbang, Budi juga sempat memprediksi bahwa besok, Senin (17/5/2021) akan terjadi kenaikan kedatangan penumpang sehingga layanan harus disiapkan dengan baik.

Budi pun mengingatkan seluruh pemangku kepentingan sektor transportasi, termasuk bandara, untuk mengantisipasi potensi kenaikan jumlah penumpang pada arus balik Lebaran.

Salah satu fokus utama yang dipersiapkan adalah mengenai penerapan protokol kesehatan. Selain itu standar operasional untuk menangani lonjakan arus balik nantinya harus dijalankan dengan benar dan konsisten kepada penumpang yang akan berangkat maupun tiba.

Baca juga: Belum Ada Peningkatan Arus Balik, Menhub Budi Karya: Secara Kuantitatif di Bawah 60 Persen…

“Kami meminta kepada seluruh petugas di bawah koordinasi satgas untuk tetap menjaga penerapan protokol kesehatan dan SOP yang sudah ditetapkan baik untuk penanganan penumpang yang akan berangkat maupun yang akan datang,” ujar Budi

Adapun selama larangan mudik Lebaran 2021 diterapkan, pergerakan penumpang pesawat di Soekarno-Hatta disebut menurun hingga 90 persen.

Cashback seputar Keluaran SGP 2020 – 2021. Permainan mantap yang lain muncul dipandang secara terprogram melewati info yang kita sisipkan di laman ini, dan juga siap dichat terhadap operator LiveChat pendukung kita yg menjaga 24 jam On-line buat meladeni segala keperluan para pengunjung. Yuk langsung gabung, & dapatkan prize serta Kasino On the internet tergede yang ada di situs kami.