4 Tahun Anies Jadi Gubernur, Kepulauan Seribu Disebut Masih Jauh Tertinggal dari Daratan Jakarta

November 16, 2021 by No Comments


JAKARTA, KOMPAS.com – Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta menilai, kesenjangan antara Kabupaten Kepulauan Seribu dan wilayah daratan Jakarta masih terjadi selama empat tahun Anies Baswedan menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Justin Adrian mencontohkan, angka kemiskinan di Kepulauan Seribu masih jauh dari rata-rata daratan Jakarta yang hanya 4,53 persen.

“Kabupaten Kepulauan Seribu saat ini masih sangat tertinggal dari wilayah lain di DKI Jakarta. Angka kemiskinan tahun 2020 masih di angka 14,87 persen, jauh dari angka kemiskinan rata-rata DKI Jakarta sebesar 4,53 persen,” kata Justin dalam keterangan tertulis, Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Mayoritas Anggota Dewan Desak Pemprov DKI Evaluasi Program Sumur Resapan

Justin mengatakan, kesejahteraan warga di Kepulauan Seribu sering terabaikan dalam proporsi pembangunan.

Contoh sederhana yaitu fasilitas kesehatan di tempat tersebut hanya ada satu dan bertipe kelas C.

Kepulauan Seribu juga merupakan satu-satunya wilayah DKI Jakarta yang belum memiliki Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) sebagai solusi masalah pengangguran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kondisi Banyak Sekolah di Jakarta Disebut Memprihatinkan tapi Anggaran Rehab Minim

“Kita juga bisa melihat bahwa belum ada upaya serius mengatasi keterbatasan hunian dengan pembangunan rumah susun dan menambah lahan pemakaman yang menjadi kebutuhan warga di sana,” ujar dia.

Menurut Justin, ketimpangan tersebut harus menjadi perhatian serius Pemprov DKI Jakarta agar kesejahteraan di tempat tersebut bisa meningkat.

“PSI menagih keberpihakan yang sudah dijanjikan Pak Anies untuk warga Kepulauan Seribu. Jangan sampai di akhir masa jabatan beliau belum ada pembangunan dan perbaikan kesejahteraan di Kepulauan Seribu,” kata Justin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

oke punya Data SGP 2020 – 2021. Permainan terbaik lainnya dapat dilihat dengan terstruktur melewati pemberitahuan yg kami tempatkan dalam situs tersebut, dan juga bisa ditanyakan pada operator LiveChat pendukung kita yang menjaga 24 jam On the internet guna mengservis semua maksud para pemain. Ayo langsung sign-up, serta menangkan prize Buntut serta Kasino On-line terbaik yg tampil di tempat kami.

Tags: